Mau Dapat Tiket kereta Api Yang Tepat?Yuk Baca Tips Hebat Ini

Model transportasi kereta api di Indonesia memang tidak ada matinya. Dari sejak awal beroperasi tahun 1925, kereta api menjadi salah satu pilihan sarana mobilitas masyarakat. Tak jarang calon penumpang harus gigit jari karena kehabisan tiket kereta api. Tapi jangan takut, jika Anda salah satu calon penumpang, banyak hal yang bisa dilakukan agar bisa bepergian dengan kendaraan berupa susunan gerbong ini dengan nyaman, aman, dan sesuai target, tanpa takut kehabisan tiket. Bagaimana caranya?

Mengenal Perbedaan Tiket Kereta Api Berdasarkan Jenis Kelas Penumpang

Tahukah Anda, hingga Oktober 2018 saja penumpang kereta api di Indonesia sudah mencapai 36,2 juta orang, dan berada di urutan ketiga setelah pesawat terbang dan bus jalur darat. Hal ini tentunya semakin membuktikan bahwa memilih kereta api bukan hal yang salah untuk bepergian, selama Anda bisa mengetahui dengan pasti kemana Anda akan pergi dan kelas penumpang apa yang ingin Anda pilih. Berikut informasinya hanya untuk Anda.

Tiket Kelas Ekonomi

Kelas penumpang ini merupakan yang paling banyak dicari masyarakat Indonesia, karena harganya relatif murah dengan fasilitas yang lumayan memuaskan seperti pendingin ruangan, tempat duduk dan toilet. Secara umum, pada sebuah kereta api kelas ekonomi berjumlah sekitar 100 hingga 110 kursi tergantung jenis kereta api. dan biasanya digunakan oleh pedagang dan karyawan perkantoran.

Tiket Kelas Bisnis

Dengan maksimal 70 kursi, tiket kereta untuk kelas ini agak lebih mahal ketimbang kelas ekonomi. Apalagi untuk kondisi tempat duduk, penumpang diberi tempat duduk sendiri-sendiri dengan jarak antar tempat duduk yang cukup lapang untuk rileks meluruskan kaki. Biasa digunakan oleh keluarga yang ingin berlibur, atau karyawan perkantoran kelas menengah ke bawah.

Tiket Kelas Eksekutif

Ada yang bilang kelas eksekutif merupakan yang paling “wah” dari kelas penumpang kereta api lain, pada tahun 1980an mungkin iya, namun sekarang meskipun dari segi harga lebih mahal dari ekonomi dan bisnis, namun tiket eksekutif juga selalu habis terjual.

Tiket Kelas Prioritas

Inilah kelas penumpang kereta api yang dibilang terbatas bagi kalangan menengah ke atas. Pasalnya harga tiket cukup mahal dan harus dipesan jauh hari sebelum berangkat. Fasilitasnya juga tergolong mewah, dengan kursi pribadi, dilengkapi audio visual dan karaoke untuk mengisi waktu selama perjalanan. Kursinyapun dapat direbahkan, agar penumpang bisa beristirahat.

Tiket Kelas Sleeper

Inilah sub kelas termewah yang dimiliki perkeretaapian Indonesia, dan baru saja diluncurkan pertengahan tahun 2018 kemarin dan tentunya untuk beli tiket kereta kelas ini boleh dibilang paling mahal ketimbang yang lain. Apa bedanya? Pertama adalah tempat duduk yang didesain lebih mewah dengan sandaran empuk dan bisa dijadikan tempat tidur. Dilengkapi tv 12 inchi dan colokan USB untuk mendengarkan musik atau mengisi baterai ponsel. Tak hanya itu, selama perjalanan, penumpang juga disuguhkan makanan tergantung jarak perjalanan. Jika dekat maka akan diberikan satu kali makan, jika lebih jauh maka diberikan dua kali jatah makan. Wah pasti nyaman dan menyenangkan bukan?

Begini Cara Pesan Tiket Kereta Yang Tepat Tanpa Ribet

Setelah mengetahui kelas penumpang di atas, tentunya Anda bisa lebih siap untuk membeli tiket untuk rute tujuan. Nah, berikut ini bisa jadi panduan Anda untuk mendapatkan tiket sesuai keinginan, karena ibarat pepatah “Tak satu jalan ke Roma,” ternyata ada banyak cara memesannya lho, tanpa harus ribet antri. Pertama, bisa melalui situs resmi PT. KAI yaitu tiket.kereta-api co id. Disana Anda bisa memilih jenis kelas penumpang, rute kereta api, jadwal keberangkatan yang secara umum mirip dengan pembelian online tiket pesawat terbang. Klik booking dan lakukan pembayaran, maka Andapun akan mendapatkan printout dari tiket Anda, cepat bukan?

Mau cara tepat lainnya tanpa ribet? Anda bisa langsung hubungi pusat pelayanan tiket PT KAI untuk mendapatkan tiket sesuai jadwal yang diinginkan. Petugas akan memandu Anda dengan baik sampai selesai, dan Anda bisa mendapatkan tiket melalui sms dan email di hari keberangkatan setelah melakukan pembayaran sesuai yang diinstruksikan petugas tersebut. Apa Anda masih merasa sedikit ribet? Jangan khawatir, masih ada cara lain yaitu melalui situs jual beli tiket online yang sudah banyak hadir saat ini. Tapi ingat, sebaiknya Anda mencari situs terpercaya, dan jangan lupa membandingkan terlebih dahulu harga antar situs agar mendapatkan harga terbaik sesuai dengan kocek Anda.

Adakah Resiko Beli Tiket Kereta Api Online?

Dari informasi di atas tentunya akan muncul pertanyaan memesan secara online apakah aman dan tak beresiko? Apalagi mengingat saat ini banyak tertangkap calo tiket kereta api online  dari berbagai situs. Tenang, selama Anda memilih situs terpercaya maka akan terhindar dari calo. Apalagi jika memilih langsung bertransaksi melalui situs resmi PT KAI, maka keamanannya sangat terjaga. Sebab, transaksi online ini ternyata mampu meminimalisir calo yang biasanya bergerilya di stasiun kereta api.

 

Selain itu, minimnya resiko juga ditandai dengan transaksi yang terlindungi melalui perbankan lainnya transaksi online lainnya. Karena saat ini PT KAI sendiri sudah bekerjasama dengan berbagai pihak terkait, untuk memberi pelayanan transaksi bagi calon penumpang yang saat ini sudah mencapai puluhan juta untuk sekitar 100 rute kereta api baik di daerah Sumatera maupun Jawa. Jadi, Anda tak perlu ragu melakukan transaksi online saat membeli tiket.

Begini Cara Dapat Tiket Kereta Api Untuk Momen Penting Anda

Selain informasi di atas, hal penting yang juga harus Anda ketahui adalah bagaimana agar bisa mendapatkan tiket untuk perjalanan menggunakan kereta api untuk semua momen penting. Mulai dari rapat mendadak, hingga liburan di hari istimewa. Mau tau caranya?

Rapat Mendadak

secara garis besar, membeli tiket kereta online memang dianjurkan bagi calon penumpang. Tapi untuk kondisi yang satu ini, semisal Anda harus bepergian dengan kereta api untuk menghadiri rapat besok hari, tentunya akan sangat sulit membeli tiket online karena kebanyakan rute sudah akan full booked. Mau tak mau untuk kondisi ini caranya adalah langsung membeli ke stasiun tempat keberangkatan, sehingga Anda bisa memastikan mendapatkan tiket agar tidak terlambat. Kalaupun tiket sudah habis terjual, Anda bisa langsung mencari rute alternatif agar tidak ketinggalan rapat penting.

Mudik Lebaran

Untuk momen spesial ini, Anda harus sudah hunting tiket berbulan-bulan sebelum lebaran tiba, minimal lima hingga tiga bulan sebelum jadwal yang diinginkan. Sebab jika Anda membeli beberapa hari sebelum berangkat akan sia-sia. Caranya bisa melalui pembelian online atau ke supermarket yang bekerjasama dengan PT. KAI.

Liburan Keluarga

Sama halnya dengan mudik lebaran, Anda sebaiknya membeli tiket beberapa bulan sebelum keberangkatan, selain aman, Anda juga bisa mencari tiket promo untuk dapat harga murah sehingga kantong tidak jebol hanya untuk beli tiket perjalanan dengan kereta api. beberapa situs siap memandu Anda mendapatkan tiket promo, atau hal bijak lainnya yang bisa dilakukan adalah mengunduh situs PT KAI agar Anda selalu terdepan dalam info tiket terbaru, termurah kereta api, dan dapat menyesuaikan jadwal liburan dengan maksimal.

Gathering Kantor

Urusan gathering atau acara kantor tentunya banyak karyawan yang akan ikut, nah untuk mengkoordinasi pembelian tiket si ular besi Anda bisa bekerjasama dengan petugas melalui call center  PT KAI, selain memungkinkan Anda mendapatkan diskon harga, petugas juga pastinya akan membantu memastikan semua karyawan yang ikut mendapatkan tempat duduk saat berangkat nanti.

Masih banyak hal seputar pembelian tiket kereta api yang akan sangat membantu Anda, namun setidaknya dengan informasi di atas pastinya sudah mengurangi beban pikiran seputar rencana perjalanan menggunakan kereta api bukan? Semoga informasinya bermanfaat. Selamat hunting tiket dan semoga perjalanan Anda menyenangkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *